Skip to main content

Cara Pinjam Uang ke Bank untuk Beli Rumah Dengan Mudah

Cara Pinjam Uang ke Bank untuk Beli Rumah Dengan Mudah

Banyak masyarakat sekarang yang tidak memiliki rumah sendiri, dimana mereka masih tinggal bersama orangtua, kontrakan, ataupun menyewa. Tidak jauh-jauh masalah utamanya adalah dari segi financial. Dengan melihat permasalahan tersebut, kini telah hadir layanan jasa pinjaman dari berbagai lembaga keuangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara pinjam uang ke bank untuk beli rumah.

Secara umum, pihak perbankan telah menyediakan 2 jenis layanan pinjaman. Berupa pinjaman (kredit) biasa dan fasilitas Kredit Pembelian Rumah (KPR). Penerapannya pun berbeda antara perbankan konvensional dengan syariah. Dalam artikel ini akan diuraikan tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam peminjaman uang ke bank untuk beli rumah.


Bingung Cara Pinjam Uang Ke Bank Untuk Beli Rumah? Ini Solusinya

Secara garis besar, persyaratan yang diajukan dari masing-masing lembaga keuangan hampir sama. Mungkin ada beberapa titik yang membedakan, seperti batas minimum dan maksimum umur. Prosedur peminjaman antara perbankan konvensional dan syariah ada sedikit perbedaan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Perbankan Konvensional

Cara Pinjam Uang Ke Bank Untuk Beli Rumah - Perbankan Konvensional

Dalam perbankan konvensional ada prosedur dimana seorang debitur berkewajiban untuk membayar suku bunga sebagai imbal hasil jasa yang diberikan. Bunga yang dibebankan biasanya disampaikan diawal kesepakatan peminjaman uang. Seperti halnya juga dengan pinjaman untuk Kredit Pembelian Rumah (KPR).

Layanan pinjaman dalam kepentingan membeli rumah sudah tersebar dalam lembaga keuangan dengan skala luas. Diantaranya antara dalam produk KPR BRI, KPR Mandiri, KPR BNI, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga layanan pinjaman (kredit) dalam skala daerah, yaitu KPR Bank Jatim dan lain-lain.

2. Perbankan Syariah
Cara Pinjam Uang Ke Bank Untuk Beli Rumah - Perbankan Syariah

Seperti yang diketahui, landasan hukum dalam perbankan syariah akan selalu didasari dengan hukum islam. Oleh karenanya, dalam perbankan syariah tidak diterapkannya sistem bunga melainkan dengan akad jual beli.

Seseorang yang akan melakukan peminjaman harus mengerti bagaimana prosedur dalam perbankan syariah. Dimana dalam proses jual belinya, pihak bank membeli terlebih dahulu membeli rumah yang anda inginkan dan kemudian akan dijual kembali kepada anda dengan harga yang sesuai standart ketentuan hukum. Ada beberapa bank syariah yang dapat dijadikan referensi yaitu BRI Syariah, Mandiri Syariah, dan sebagainya.

Persyaratan peminjaman diantara bank konvensional dan syariah hampir sama, yaitu seperti:
  1. Mengisi formulir aplikasi
  2. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  3. Foto copy identitas diri (KTP, SIM, atau paspor)
  4. Foto copy buku tabungan di bulan-bulan terakhir
  5. SK CPNS bagi pegawai atau karyawan swasta
  6. Surat keterangan perincian penghasilan
  7. Data catatan keuangan seperti laporan keuangan, neraca laba rugi, dan lain-lain.
  8. Dan seterusnya
Segala kebijakan akan ditentukan oleh masing-masing perbankan. Selama proses administrasinya lengkap dan tidak ada kendala, proses penerimaannya pun juga akan lebih mudah.

Beberapa Pertimbangan Bank Untuk Menerima Pengajuan Pinjaman

Di sisi lain ada beberapa pertimbangan oleh bank untuk diterimanya pengajuan pinjaman tersebut yaitu:


1. Capasity

Pantaskah orang tersebut mendapatkan pinjaman? Hal ini biasanya di survey melalui penghasilannya setiap bulan. Pihak bank sering menggunakan perbandingan pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya.

2. Karakter Nasabah

Apakah jujur dan dapat dipercaya? Sistem perbankan hanya menginginkan nasabah selalu konstan melakukan aturan-aturan peminjaman yang diberikan. Terkadang ada beberapa nasabah yang teledor terhadap kebijakan-kebijakan yang diberikan oleh bank.

3. Jaminan Yang Diberikan

Dalam proses peminjaman, benda apa yang dijadikan jaminan dalam pengajuan kredit ke bank? Adanya jaminan ini bertujuan apabila nasabah tidak mampu memenuhi kewajibannya membayar, pihak bank akan menyita barang jaminan.

4. Kondisi

Kondisi disini sering dikaitkan dengan ekonominya. Latar belakang aset kepemilikan hingga status pekerjaan dari calon nasabah. Dan bank akan selalu melakukan pertimbangan untuk penerimaan pinjaman.

Jadi anda tidak perlu bingung terkait bagaimana cara pinjam uang ke bank untuk beli rumah. Karena mayoritas sistem perbankan sudah banyak yang membuka layanan jasa peminjaman untuk membeli rumah.

Comments

Popular posts from this blog

Kiat Sukses Bisnis Properti dari 15 Pengusaha Properti Tersukses di Indonesia

Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran banyak orang berusaha untuk terjun ke dalam bisnis ini demi meraup keuntungan besar. Mulai dari pengusaha yang baru merintis hingga pengusaha besar tentu sepakat bahwa properti merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi di setiap projectnya. Namun, untuk Anda yang baru mulai atau ingin berbinis properti, sudahkah Anda memiliki kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis properti ini? Artikel berikut akan mengulas seputar kiat-kiat sukses bisnis properti dari 35 pengusaha properti tersukses di Indonesia
Baca juga : 11 cara mudah beli rumah yang bisa kamu coba! dari yang mainstream sampai anti mainstream!
1. Sutjipto Nagaria Sutjipto Nagaria merupakan seorang pebisnis yang memiliki Summarecon Group. Seperti yang kita ketahui bersama, Summarecon Group berhasil menjadi salah satu perusahaan properti yang menawarkan kualitas dan kenyamanan dari real estate yang dibangunnya. Beberapa pro…

Mau Cari Kredit Rumah Murah, Baca ini Bro!

Mendapatkan kredit rumah murah merupakan suatu impian semua orang. Jika anda baru menikah tentu saja akan membutuhkan hunian atau rumah baru, tentu saja anda juga membutuhkan tawaran kredit rumah murah. Hal itu dikarenakan anda belum memiliki modal yang besar untuk mendapatkan rumah sehingga tawaran untuk mendapatkan kredit rumah dengan harga terjangkau tentu akan membantu anda. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kredit rumah murah. Akan tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari rumah dengan angsuran terjangkau, anda akan sangat terbantu dengan berbagai trik untuk mendapatkannya. Trik ini sangat membantu anda khususnya yang belum berpengalaman mencari rumah murah yang dikreditkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang tawaran kredit rumah harga murah. Artinya, anda harus melakukan persiapan mengenai beberapa hal mengenai kredit rumah ini. Persiapan matang akan membuat anda mendapatkan kredit rumah dengan harga mura…

ini Rahasia, Cara Jual Rumah Dengan Cepat dengan harga tinggi

Bisnis jual beli rumah saat ini mulai semarak ditekuni oleh banyak kalangan . Setiap hari bahkan setiap tahunnya harga rumah terus melambung tinggi. 

Bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari harga tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak faktor seseorang mau menjual  rumahnya dengan harga tinggi diantaranya karena memang  menurut mereka rumah adalah merupakan kebutuhan utama setiap orang sebagai tempat hunian yang aman baik bersama keluarga atau yang lainnya. 

Terlepas dari semua itu, jika anda merupakan orang yang menekuni bisnis di atas, tentunya anda akan berharap rumah yang akan  anda jual cepat laku dengan  harga maksimal. Berikut ini 8 cara cepat jual rumah agar cepat  laku dengan harga tinggi.



Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Maksimal1. Kosongkan Rumah Terlebih DahuluSemakin sedikit isi rumah akan membuat rumah tampak semakin luas. Oleh karena itu, keluarkan barang-barang yang dirasa tidak perlu  Seperti halnya perlengkapan perabotan dan  hal hal yang bersifat personal seperti foto, gam…