Skip to main content

Cara Menjual Rumah melalui Bank bagi Para Pemula

Cara Menjual Rumah melalui Bank bagi Para Pemula

Setiap orang pasti memiliki barang yang paling berharga dalam hidupnya. Barang tersebut bisa berupa perhiasan, uang, mobil, rumah ataupun kekayaan lain yang dimilikinya. Bagi sebagian besar orang, rumah dianggap sebagai barang berharga yang dimilikinya. Karena setiap orang pasti akan berusaha menciptakan hunian yang layak bagi keluarganya. Harga jual rumah yang terus merangkak naik dari waktu ke waktu juga menyebabkan investasi ini menjadi sangat disukai. Namun karena alasan itu pula, tidak jarang rumah juga yang seringkali dikorbankan ketika ekonomi keluarga sedang lesu. Banyak orang yang terpaksa menjual rumahnya untuk menutupi kebutuhan keluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjual rumah. Salah satunya adalah menjual rumah melalui bank. Bagi yang masih belum memiliki pengalaman dalam menjual rumah, berikut ini informasi tentang cara menjual rumah melalui bank.

Cara Menjual Rumah Melalui Bank Bagi Para Pemula

Menjual rumah seringkali dijadikan solusi untuk menyelesaikan masalah keuangan keluarga. Selain memiliki nilai yang tinggi, pemilik juga mempunyai beberapa opsi untuk melakukan penjualan ini. Salah satu cara yang bisa diambil yaitu menjual rumah melalui bank.
Artikel ini akan membahas bagaimana cara menjual rumah melalui bank bagi para pemula.

Baca juga : Biaya Jual Beli Rumah Dan Pajak Penjualannya

1.     Hitung Biaya Perolehan Rumah

Sebelum menjual rumah, Anda harus tahu berapa besar biaya yang telah Anda keluarkan untuk membangun ataupun merenovasi rumah tersebut. Perhitungkan semua biaya dengan seksama. Apabila rumah Anda peroleh melalui cicilan dan belum lunas, maka Anda harus menghitung jumlah cicilan yang telah Anda bayarkan. Hasil perhitungan biaya tersebut yang selanjutnya dapat Anda jadikan acuan untuk menentukan harga jual rumah tersebut.

2.      Menentukan Appraisal Rumah Tersebut

Setelah menghitung biaya perolehan rumah, selanjutnya pemilik harus menentukan appraisal dari rumah itu sendiri. Appraisal merupakan nilai dari suatu properti. Perhitungan appraisal ini seharusnya dilakukan oleh pihak-pihak yang kompeten di bidang ini, misalnya appraiser dari bank, agen properti, ataupun appraiser independen yang telah memperoleh sertifikasi. Dengan melakukan ini, Anda akan mengetahui taksiran harga pasar dari rumah tersebut.

Cara Menjual Rumah melalui Bank - Menentukan Appraisal Rumah Tersebut

3.      Menentukan Harga Jual Rumah

Ketika Anda telah usai melakukan perhitungan biaya perolehan rumah dan juga mengetahui taksiran harga yang diberikan oleh appraiser, maka selanjutnya Anda bisa menentukan harga jual rumah tersebut. Tentukan harga yang sesuai. Jangan memasang harga yang terlalu tinggi karena akan menyulitkan Anda dalam menarik calon pembeli. Namun, pastikan juga untuk tidak memasang harga yang terlalu rendah karena dkhawatirkan Anda akan mengalami kerugian.
Ketika Anda memutuskan untuk menjual rumah melalui perantara bank, maka Anda juga harus melakukan langkah-langkah ini.

1.      Memilih Bank Yang Akan Ditunjuk

Hampir seluruh bank memiliki fasilitas pelayanan penjualan rumah. Namun, setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbedap-beda. Sehingga langkah yang harus Anda ambil adalah memilih bank yang akan Anda percaya untuk menangani proses penjualan rumah Anda. Pilihlah bank yang memiliki track record baik di bidang KPR.

Cara Menjual Rumah melalui Bank - Memilih Bank Yang Akan Ditunjuk

2.      Konsultasi Dengan Pihak Bank

Setelah Anda menentukan bank yang akan dijadikan sebagai perantara, selanjutnya Anda dapat melakukan konsultasi dengan pihak bank. Tanyakan apa saja syarat yang harus Anda penuhi ketika akan menjual rumah. Segera penuhi persyaratan yang dibutuhkan agar pengajuan penjualan rumah Anda bisa segera diproses oleh pihak bank.

Baca juga : Proses Jual Beli Rumah Secara Tunai

3.      Ikuti Instruksi Dari Pihak Bank

Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda tinggal menunggu instruksi dari pihak bank. Saat ini pula siapkan semua dokumen yang terkait dengan rumah yang Anda jual untuk membuat bank maupun calon pembeli lebih percaya dengan Anda. Sortir semua dokumen sehingga tidak ada yang terlewat.

Itulah cara menjuah rumah melalui bank yang dapat Anda terapkan ketika hendak menjual rumah Anda. Langkah yang tepat akan mempercepat Anda dalam menemukan pembeli yang potensial untuk rumah Anda.


Comments

Popular posts from this blog

Kiat Sukses Bisnis Properti dari 15 Pengusaha Properti Tersukses di Indonesia

Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran banyak orang berusaha untuk terjun ke dalam bisnis ini demi meraup keuntungan besar. Mulai dari pengusaha yang baru merintis hingga pengusaha besar tentu sepakat bahwa properti merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi di setiap projectnya. Namun, untuk Anda yang baru mulai atau ingin berbinis properti, sudahkah Anda memiliki kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis properti ini? Artikel berikut akan mengulas seputar kiat-kiat sukses bisnis properti dari 35 pengusaha properti tersukses di Indonesia
Baca juga : 11 cara mudah beli rumah yang bisa kamu coba! dari yang mainstream sampai anti mainstream!
1. Sutjipto Nagaria Sutjipto Nagaria merupakan seorang pebisnis yang memiliki Summarecon Group. Seperti yang kita ketahui bersama, Summarecon Group berhasil menjadi salah satu perusahaan properti yang menawarkan kualitas dan kenyamanan dari real estate yang dibangunnya. Beberapa pro…

Mau Cari Kredit Rumah Murah, Baca ini Bro!

Mendapatkan kredit rumah murah merupakan suatu impian semua orang. Jika anda baru menikah tentu saja akan membutuhkan hunian atau rumah baru, tentu saja anda juga membutuhkan tawaran kredit rumah murah. Hal itu dikarenakan anda belum memiliki modal yang besar untuk mendapatkan rumah sehingga tawaran untuk mendapatkan kredit rumah dengan harga terjangkau tentu akan membantu anda. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kredit rumah murah. Akan tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari rumah dengan angsuran terjangkau, anda akan sangat terbantu dengan berbagai trik untuk mendapatkannya. Trik ini sangat membantu anda khususnya yang belum berpengalaman mencari rumah murah yang dikreditkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang tawaran kredit rumah harga murah. Artinya, anda harus melakukan persiapan mengenai beberapa hal mengenai kredit rumah ini. Persiapan matang akan membuat anda mendapatkan kredit rumah dengan harga mura…

ini Rahasia, Cara Jual Rumah Dengan Cepat dengan harga tinggi

Bisnis jual beli rumah saat ini mulai semarak ditekuni oleh banyak kalangan . Setiap hari bahkan setiap tahunnya harga rumah terus melambung tinggi. 

Bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari harga tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak faktor seseorang mau menjual  rumahnya dengan harga tinggi diantaranya karena memang  menurut mereka rumah adalah merupakan kebutuhan utama setiap orang sebagai tempat hunian yang aman baik bersama keluarga atau yang lainnya. 

Terlepas dari semua itu, jika anda merupakan orang yang menekuni bisnis di atas, tentunya anda akan berharap rumah yang akan  anda jual cepat laku dengan  harga maksimal. Berikut ini 8 cara cepat jual rumah agar cepat  laku dengan harga tinggi.



Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Maksimal1. Kosongkan Rumah Terlebih DahuluSemakin sedikit isi rumah akan membuat rumah tampak semakin luas. Oleh karena itu, keluarkan barang-barang yang dirasa tidak perlu  Seperti halnya perlengkapan perabotan dan  hal hal yang bersifat personal seperti foto, gam…