Skip to main content

Tips Membeli Rumah KPR

Tips Membeli Rumah KPR

Rumah menjadi salah satu hal yang sulit dimiliki belakangan ini. Dana yang dibutuhkan untuk membuat sebuah rumah tak sedikit. Membeli rumah langsung huni pun tak bisa dibilang murah. Apalagi jika anda menginginkan sebuah rumah di perkotaan, memilikinya bagaikan sebuah mimpi. Namun, kini anda tak perlu khawatir. Beberapa bank berusaha mewujudkan mimpi anda dengan mengeluarkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) tetapi sebagian masyarakat masih ragu menggunakan layanan tersebut. Banyak alasan yang membuat ragu, salah satunya adalah takut tidak dapat melunasi hutang tersebut. Bagi anda yang ingin memiliki rumah tersebut, berikut beberapa tips membeli rumah KPR yang perlu anda ketahui.

Baca juga : Cara Mengumpulkan Uang Untuk Membangun Rumah

1. Jangan Salah Pilih (Cari Tahu Informasi Bank dan Produk KPR)

Ada banyak bank di Indonesia yang menawarkan kredit pemilikan rumah (KPR). Ada bank milik negara (BUMN), bank swasta, dan juga ada bank asing. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing bank yang menawarkan layanan produk KPR. Anda sangat disarankan untuk mendatangi bank tersebut satu-persatu dan bertanya mengenai KPR yang mereka tawarkan. Setelah itu, bandingkan fasilitas KPR yang ditawarkan tiap bank. Jangan mengambil keputusan terburu-buru. Pilihlah paket yang ditawarkan bank yang paling murah. Jangan sampai anda salah pilih.

Tips Membeli Rumah KPR - Jangan Salah Pilih (Cari Tahu Informasi Bank dan Produk KPR)
Jangan ragu untuk bertanya kepada Bank seputar skema KPR

2. Siapkan Uang Tunai

Uang tunai perlu anda persiapkan walaupun rumah yang akan anda beli menggunakan pinjaman bank. Tetapi uang tunai tetap anda perlukan untuk mengurusi pembelian rumah tersebut. Berikut beberapa keperluan yang membutuhkan uang tunai.
  1. Biaya administrasi booking fee, penilaian jaminan, administrasi kredit dan provisi
  2. Asuransi jiwa menutupi debitur dan asuransi kebakaran untuk rumah yang dijadikan agunan
  3. Biaya pengikatan kredit secara hukum yang terdiri dari biaya Akta Pengakuan Utang dan Perjanjian Kredit, Akta Pemberian Hak Tanggungan, Akta jual beli biaya balik nama sertifikat, BPHTB, dan notaris

3. Track Record

Transaksi rekaman anda harus dijaga dengan baik di bank manapun. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi anda dari penolakan kredit karena bank bisa saja melakukan  crosscheck antar bank di pihak Bank Indonesia melalui fasilitas Daftar Hitam Nasabah (DHN) untuk melihat riwayat transaksi yang telah anda lakukan.

4. Siapkan Penampilan Terbaik Anda 

Penampilan anda akan mempengaruhi penilaian pihak bank terhadap anda. Terutama penampilan anda dalam keuangan. Tunjukkan bahwa rekening anda aktif dalam bertransaksi (baik itu dana masuk ataupun dana keluar). Dengan demikian pihak bank akan yakin jika anda memiliki kemampuan untuk mengembalikan KPR yang anda ajukan tersebut.
Tips Membeli Rumah KPR - Siapkan Penampilan Terbaik Anda

5. Tentukan Jangka Waktu KPR

Indonesia memberlakukan jangka waktu maksimal lima belas tahun untuk KPR. Semakin lama anda membayarnya, maka akan semakin banyak pula bunga yang dibebankan kepada anda. Akan lebih baik jika anda mengajukan jangka waktu KPR terpanjang sehingga cicilan per bulan yang dibebankan kepada anda relatif rendah. Biasanya jangka waktu KPR disarankan dengan mengambil jangka waktu terpanjang mengingat investasi rumah nilainya selalu meningkat tiap tahun

Baca juga : Kredit Rumah Murah

6. Bijak Tentukan Besarnya Cicilan   

Jika anda telah memutuskan untuk membeli rumah KPR maka anda harus menyediakan dana uang muka rumah sebesar 30 % dari harga rumah dan pinjaman KPR kepada pihak bank tak boleh melebihi 70 % dari harga rumah tersebut. Maka tips membeli rumah KPR berikutnya adalah usahakan besarnya KPR yang anda ambil tidak melebihi 30 % dari jumlah pendapatan anda tiap bulan. Dengan demikian, anda tidak akan tergerus oleh cicilan hutang dan bank tidak akan menolak permohonan kredit anda.

Demikian beberapa tips membeli rumah KPR yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Kiat Sukses Bisnis Properti dari 15 Pengusaha Properti Tersukses di Indonesia

Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran banyak orang berusaha untuk terjun ke dalam bisnis ini demi meraup keuntungan besar. Mulai dari pengusaha yang baru merintis hingga pengusaha besar tentu sepakat bahwa properti merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi di setiap projectnya. Namun, untuk Anda yang baru mulai atau ingin berbinis properti, sudahkah Anda memiliki kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis properti ini? Artikel berikut akan mengulas seputar kiat-kiat sukses bisnis properti dari 35 pengusaha properti tersukses di Indonesia
Baca juga : 11 cara mudah beli rumah yang bisa kamu coba! dari yang mainstream sampai anti mainstream!
1. Sutjipto Nagaria Sutjipto Nagaria merupakan seorang pebisnis yang memiliki Summarecon Group. Seperti yang kita ketahui bersama, Summarecon Group berhasil menjadi salah satu perusahaan properti yang menawarkan kualitas dan kenyamanan dari real estate yang dibangunnya. Beberapa pro…

Mau Cari Kredit Rumah Murah, Baca ini Bro!

Mendapatkan kredit rumah murah merupakan suatu impian semua orang. Jika anda baru menikah tentu saja akan membutuhkan hunian atau rumah baru, tentu saja anda juga membutuhkan tawaran kredit rumah murah. Hal itu dikarenakan anda belum memiliki modal yang besar untuk mendapatkan rumah sehingga tawaran untuk mendapatkan kredit rumah dengan harga terjangkau tentu akan membantu anda. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kredit rumah murah. Akan tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari rumah dengan angsuran terjangkau, anda akan sangat terbantu dengan berbagai trik untuk mendapatkannya. Trik ini sangat membantu anda khususnya yang belum berpengalaman mencari rumah murah yang dikreditkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang tawaran kredit rumah harga murah. Artinya, anda harus melakukan persiapan mengenai beberapa hal mengenai kredit rumah ini. Persiapan matang akan membuat anda mendapatkan kredit rumah dengan harga mura…

ini Rahasia, Cara Jual Rumah Dengan Cepat dengan harga tinggi

Bisnis jual beli rumah saat ini mulai semarak ditekuni oleh banyak kalangan . Setiap hari bahkan setiap tahunnya harga rumah terus melambung tinggi. 

Bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari harga tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak faktor seseorang mau menjual  rumahnya dengan harga tinggi diantaranya karena memang  menurut mereka rumah adalah merupakan kebutuhan utama setiap orang sebagai tempat hunian yang aman baik bersama keluarga atau yang lainnya. 

Terlepas dari semua itu, jika anda merupakan orang yang menekuni bisnis di atas, tentunya anda akan berharap rumah yang akan  anda jual cepat laku dengan  harga maksimal. Berikut ini 8 cara cepat jual rumah agar cepat  laku dengan harga tinggi.



Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Maksimal1. Kosongkan Rumah Terlebih DahuluSemakin sedikit isi rumah akan membuat rumah tampak semakin luas. Oleh karena itu, keluarkan barang-barang yang dirasa tidak perlu  Seperti halnya perlengkapan perabotan dan  hal hal yang bersifat personal seperti foto, gam…