Skip to main content

Kiat Sukses Bisnis Properti dari 15 Pengusaha Properti Tersukses di Indonesia

Kiat Sukses Bisnis Properti

Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran banyak orang berusaha untuk terjun ke dalam bisnis ini demi meraup keuntungan besar. Mulai dari pengusaha yang baru merintis hingga pengusaha besar tentu sepakat bahwa properti merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi di setiap projectnya. Namun, untuk Anda yang baru mulai atau ingin berbinis properti, sudahkah Anda memiliki kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis properti ini? Artikel berikut akan mengulas seputar kiat-kiat sukses bisnis properti dari 35 pengusaha properti tersukses di Indonesia


1. Sutjipto Nagaria
Kiat Sukses Bisnis Properti : Sutjipto Nagaria
Sutjipto Nagaria (sumber : studentpreneur)
Sutjipto Nagaria merupakan seorang pebisnis yang memiliki Summarecon Group. Seperti yang kita ketahui bersama, Summarecon Group berhasil menjadi salah satu perusahaan properti yang menawarkan kualitas dan kenyamanan dari real estate yang dibangunnya. Beberapa project dari Summarecon Group antara lain ribuan rumah, Apartment hingga Mall di kawasan Jakarta dan sekitarnya. Hingga saat ini Sutjipto Nagaria ditaksir memiliki kekayaan hingga 390 Juta US Dollar.
Bagi Sutjipto Nagaria, sang pemilik Summarecon Group, untuk menjadi sukses seperti sekarang ini ada 3 poin yang diperlukan diantaranya :
Komitmen
Sebuah komitmen membuat perusahaan properti dipercaya oleh para konsumen. Bagi Sutjipto Nagaria, komitmen merupakan hal paling mendasar dalam bisnis properti. Karena, dengan komitmen yang terjaga maka konsumen akan merasa janji yang diberikan perusahaan properti terpenuhi dan konsumen pun akan merasa puas dengan hal tersebut.
Fokus
Fokus tinggi membuat Summarecon Group menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia. Dengan fokus pada setiap project yang dilakukan, Sutjipto Nagaria mampu menciptakan properti yang memiliki nilai jual yang berkembang setiap saatnya. Tak heran disaat kondisi ekonomi sedang melemah sekalipun, permintaan properti Summarecon Group tetap tinggi.
Menjaga kultur perusahaan
Untuk menjaga konsistensi, Sutjipto Nagaria paham betul bahwa kultur perusahaan harus dilestarikan agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Beberapa kultur perusahaan yang dilestarikan oleh Summarecon Group antara lain soal kepribadian karyawan yang dijaga sehingga menghindari ketidakfokusan dalam bekerja. Selain itu bagi Sutjipto Nagaria, kultur perusahaan seperti kepatuhan dalam pembayaran kepada kontraktor juga penting untuk menjaga kepercayaan masing-masing pihak.

2. Trihatma Kusuma Haliman
Kiat Sukses Bisnis Properti : Trihatma Kusuma Haliman
Trihatma Kusuma Haliman (sumber : profilbos)

Nama berikutnya adalah Trihatma Kusuma Haliman, pemilik dari Agung Podomoro Group. Nilai kekayaannya saat ini ditaksir berada pada kisaran 450 Juta US Dollar. Bagi Trihatma untuk menjadi sukses seperti sekarang ini, ada beberapa kiat khusus diantaranya adalah Disiplin, Tenang dan tidak serakah.
Disiplin merupakan kunci utama keberhasilan seseorang. Hal tersebut juga diterapkan oleh Trihatma dalam menjalankan bisnis propertinya bersama Agung Podomoro Group. Berkat kedisiplinan yang tinggi, Trihatma yang melanjutkan usaha ayahnya ini, berhasil membuat Agung Podomoro Group menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia.
Selain disiplin, Trihatma juga merupakan sosok yang tenang dalam memimpin perusahaannya. Baginya ketenangan merupakan hal mutlak yang harus dimiliki seorang pengusaha sukses. Dengan ketenangan yang dimilikinya, Ia mampu mengelola bisnisnya melewati masa krisis moneter di tahun 1998 silam. Selain itu sosoknya yang tenang juga menimbulkan citra kalem pada dirinya sehingga tidak banyak kontroversi baik secara personal maupun dalam bisnis yang digelutinya.
Kunci sukses lainnya bagi Trihatma Kusuma Haliman adalah tidak serakah. Baginya, dengan tidak serakah merupakan salah satu cara untuk bersyukur dengan rezeki yang telah diterima dari Tuhan. Namun, dengan tidak serakah bukan berarti dirinya tidak memiliki gairah bisnis yang tinggi dalam mengembangkan perusahaan properti miliknya, Agung Podomoro Group. Karena itu ia menerapkan motto dalam hidupnya “living in harmony and peaceful mind”.

3. Joe Hartanto
Kiat Sukses Bisnis Properti : Joe Hartanto
Joea Hartanto (sumber : Propertyandthecity)
Melakukan renovasi
Sebelum menjual properti, sebaiknya lakukan renovasi terlebih dahulu. Merenovasi properti tidak harus mengeluarkan dana besar, anda bisa renovasi dengan modal kecil untuk memberikan efek besar pada calon pembeli, misalnya mencat ulang prroperti, membut pagar, menambah kanopi, membentuk taman sederhana dan masih banyak lagi. Renovasi tersebut tidak terlalu mengeluarkan dana besar, namun sangat bermanfaat untuk meningkatkan nilai properti dan membuat penjual semakin berminat untuk membeli.
Fokus pada kelebihan properti
Agar properti suskes terjual, anda harus bisa meyakinkan calon pembeli bahwa properti anda merupkan yang terbaik, misalnya dengan menjelaskan kelebihan properti, seperti dekat dengan jalan raya, tempat perbelanjaan, jalan tol, dalam waktu dua tahun akan di bangun sebuah mall atau pusat perkotaan, dan lain-lain.
Membuat penawaran yang sensasional
Semakin banyak kelebihan properti yang kita tawarkan, maka hasilnya akan semakin baik dan tentunya tingkat keberhasilannya semakin tinggi. Misalnya dengan memberi gambaran bahwa aset properti kita selama ini bisa menghasilkan cashfow yang baik, selalu banyak peminta yang ingin menyewa dan lain sebagainya.
Membuat harga transaksi di atas harga yang di inginkan
Tips satu ini mungkin sudah anda ketahui. Intinya jika kita mau beli aset, kita harus menawar serendah mungkin, akan tetapi jika ingin menjual aset, kita harus melakukan penawaran dengan harga setinggi mungkin. Misalnya jika anda menginginkan aset anda terjual seharga Rp 200 juta, maka anda bisa memulai penawaran dengan harga Rp 350 juta. Dengan demikian anda masih memiliki rentang harga yang dapat di negoisasikan dengan  pembeli.
Tawarkan terlebih dahulu pada orang terdekat
Mendapatkan pembeli bisa datang dari mana saja, tak terkecuali orang terdekat anda. Jangan selalu meremehkan orang terdekat kita, seperti tetangga ataupun teman. Karena justru mereka sebetulnya adalah calon pembeli yang sangat potensial. Sering kali kita tidak tahi jika ada teman atau tetangga yang sangat butuh rumah, akan tetapi masih bingung dalam melakukan pencarian.
Mengatur waktu untuk bertemu dengan calon pembeli
Sebagai penjual, anda harus bisa mengatur waktu bertemu dengan para calon pembeli pada saat bersamaan. Jika tidak punya waktu untuk bertemu, sampaikanlah pada mereka bahwa anda tidak punya waktu luang untuk melakukan pertemuan, sehingga anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk bertemu. Menurut Joe Hartanto, di sinilah letak keuntungan kita karena bisa mengatur dan mempertemukan calon pembeli secara bersamaan. Di sini kita mempunyai peluang mendapatkan harga yang kita inginkan, karena jika melakukan penawaran dengan banyak calon pembeli, maka faktor emosional akan lebih dominan. Akan terjadi persaingan penawaran harga diantara calon pembeli, dan penawar tertinggilah yang mendapatkan properti anda.
Memberti batas waktu penawaran
Sebagai penjual, anda juga harus bisa sedikit jual mahal ketika melakukan penawaran. Kita harus bisa menyembunyikan kalau kita sedang butuh uang atau dalam posisi terjepit. Sebaiknya jangan pernah memberi mereka kesempatan untuk mengulur-ulur waktu. Katakan pada mereka bahawa penawaran paling lambat satu minggu kedepan. Jika lewat dari itu, maka properti ini tidak jadi di jual. Dengan cara demikian, calon pembeli akan lebih terpengaruh dan berpikir cepat untuk segera mengajukan penawaran.
Minta down payment sebesar mungkin
Hal ini berbanding terbalik saat anda hendak beli properti. Ketika menjual properti, maka mintalah DP sebesar mungkin kepada mereka, dan jika memang memungkinkan kita bisa meminta langsung pelunasan pada saat itu juga.

4. The Nin King
Kiat Sukses Bisnis Properti : The Nin King
The Nin King (sumber : profilbos)

Berhati-hati
Baginya, dalam berbisnis kita harus berhati-hati karena pasang surut dalam usaha tentu akan terjadi. Hal tersebut ia dapatkan saat krisis moneter menimpa Indonesia di tahun 1998. Pada saat itu, Nin King yang memiliki hutang dalam bentuk Dollar terpuruk cukup dalam mengingat kurs rupiah yang jatuh. Meskipun krisis moneter tersebut tidak membuatnya bangkrut, Nin King menjadi lebih hati-hati dalam menjalani bisnisnya setelah itu.
Tekun
Sosok Nin King merupakan sosok yang tekun dalam meraih kesuksesan. Awal mula kesuksesannya dimulai dari usaha toko tekstil yang didirikannya bersama keluarganya pada tahun 1938. Sejak saat itu ia mulai mencintai dunia bisnis hingga mulai mendirikan pabrik tekstil pertamanya di tahun 1961. Usaha tekstil tersebut mengantarkannya ke gerbang kesuksesan hingga akhirnya merambah dunia properti melalui perusahaannya PT Alam Sutera Realty. Alam sutera yang saat itu merupakan tanah yang tidak menjanjikan dan berlokasi cukup jauh dari pusat kota di Jakarta, berhasil disulapnya menjadi Properti bernilai tinggi berkat ketekunannya dalam berusaha.
Tidak banyak bicara
Nin King bukanlah orang yang suka menampakkan dirinya di depan media. Sosoknya cenderung kalem dan tidak banyak bicara. Namun, jangan salah, dengan sifatnya tersebut ia mampu memiliki kekayaan hingga 650 Juta US Dollar. Baginya dengan tidak banyak bicara ia mampu bekerja lebih fokus dalam mengelola bisnis properti yang dijalaninya hingga kini.

5. Alexander Tedja
Kiat Sukses Bisnis Properti : Alexander Tedja
Alexander Tedja (sumber : Indonesia Tatler)
Peka dalam mencari peluang
Bagi Alexander Tedja kepekaan dalam mencari peluang adalah hal yang utama untuk menjadi pengusaha properti yang sukses. Hal tersebut dibuktikannya saat proses pembangunan mall Kota Kasablanka dimana dirinya berhasil mendapatkan tanah dengan harga yang belum melonjak saat itu. Ia nampaknya paham betul kemana arah pembangunan nantinya akan berlanjut dan pembangunan Kota Kasablanka merupakan salah satu bukti kecerdasannya dalam mencari peluang.
Jangan mendanai proyek dengan 100% modal pribadi
Tips berikutnya adalah persoalan pendanaan proyek pembangunan properti. Menurut Alexander Tedja, dalam pendanaan proyek jangan didanai dengan 100% modal pribadi karena akan berisiko tinggi. Menurutnya, sebaiknya dalam pendanaan proyek, sebaiknya 40% berasal dari pre-sales dari pelanggan, 30% dari bank dan 30% berasal dari modal pribadi.
Terus membangun jaringan
Kiat sukses berikutnya adalah jangan berhenti dalam membangun jaringan. Dengan pembangunan jaringan yang terus dilakukan maka akan mempermudah Anda dalam berekspansi bisnis. Mengembangkan jaringan dapat dilakukan dengan berbagai macam hal seperti contohnya menikahkan anaknya yang bisa menambah jaringan.

6. Aksa Mahmud
Kiat Sukses Bisnis Properti : Aksa Mahmud
Aksa Mahmud (sumber : SWA)
Jujur
Bagi Aksa Mahmud, kejujurannyalah yang mampu membawanya menjadi orang terkaya asal bugis saat ini. Ia memulai bisnisnya dari berjualan es balok, kurma hingga saat ini menjadi salah satu pengembang infrastruktur terbesar di Indonesia. Selain itu kejujurannya juga membuat saudara dari Wakil Presiden Indonesia saat ini, Jusuf Kalla, tertarik untuk menikah dengannya.
Berani
Keberanian Aksa Mahmud terlihat sejak ia masih kecil. Usahanya dimulai ketika ia mulai berjualan es dan berbagai barang yang dapat dijualnya di Kota. Keberaniannya untuk berusaha membawa tuahnya hingga saat ini. Selain itu ia juga merupakan sosok yang berani setelah ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri dan berpisah dengan perusahaan milik mertuanya. Keberaniannya tersebut lah yang mengantarkannya hingga saat ini mampu memiliki perusahaan sekelas Bosowa Group.
Semangat
Semangat dari Aksa Mahmud memang tidak perlu diragukan lagi. Ia merupakan sosok yang tidak pernah menyerah meski bisnisnya sempat jatuh bangun. Salah satunya adalah ketika krisis 1998 terjadi dimana ia saat itu sedang berusaha untuk membuka pabrik baru untuk perusahaannya. Meski sempat tertahan, ia mampu menekan kerugian dan mampu bangkit kembali untuk meneruskan project prestisiusnya tersebut.

7. Ciputra & family
Kiat Sukses Bisnis Properti : Ciputra
Ciputra (sumber : maxmanroe)

Tidak harus baru, tapi unik
Menjual barang yang baru dan benar-benar belum pernah diciptakan memang sulit sekarang ini, namun bagi Ciputra & Family tidak harus menciptakan barang baru untuk menarik hati konsumen. Dengan property yang memiliki keunikan maka akan mengundang daya tarik tersendiri bagi para calon konsumen. Tak heran, dengan keunikannya, Ciputra mampu menguasai pasar properti hingga saat ini.
Menciptakan merk sendiri
Hal lain yang harus diperhatikan adalah persoalan merk dalam properti yang dibuat. Terkadang banyak pengusaha properti tidak percaya diri untuk menggunakan merk tersendiri karena takut terdengar asing dan tidak diminati calon konsumen. Padahal, menurut Ciputra, penciptaan merk sendiri akan memberikan ciri khas dari properti yang ditawarkan. Tidak hanya itu, merk yang Anda buat sendiri juga mampu memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk mengingatnya sehingga branding Anda akan semakin kuat nantinya.
Pasarkan secara online
Kiat lainnya dari Ciputra Group adalah pemasaran yang dilakukan secara online. Meski terhitung perusahaan yang telah berpengalaman dan telah memiliki jutaan konsumen, Ciputra tetap menyarankan agar melakukan pemasaran properti secara online. Karena dengan sistem online maka akan didapat pangsa pasar yang lebih luas dibandingkan penjualan secara offline.


8. Murdaya Poo
Kiat Sukses Bisnis Properti : Murdaya Poo
Murdaya Poo (sumber : biografiku)

Semangat tinggi (kerap bekerja hingga larut malam)
Murdaya Poo yakin dengan semangat tinggi maka setiap usahanya akan membuahkan hasil yang maksimal termasuk dalam usaha bisnis propertinya. Sebagai salah satu pengembang proyek Central Business District di Jakarta, ia tergolong sebagai orang yang tak segan terjun langsung ke lapangan. Dengan semangat tinggi dan karakteristiknya yang hands on, tak jarang Murdaya Poo terlihat bekerja hingga larut malam untuk memastikan segala projectnya terlaksana sesuai harapan.
Mengutamakan keluarga karena titipan Tuhan
Hal lainnya yang dapat dijadikan teladan dari Murdaya Poo adalah dirinya merupakan sosok yang mengutamakan keluarga. Meskipun memiliki jadwal ekstra padat, Murdaya Poo kerap menghabiskan waktu bersama keluarga karena menurutnya keluarga adalah titipa Tuhan kepadanya. Selain itu, dengan mengutamakan keluarga ia merasa mendapatkan dorongan lebih untuk menyemangati dirinya saat rutinitas pekerjaan sangat melelahkan.
Sederhana
Kaya bukan berarti bermewah-mewahan, istilah tersebut nampaknya dipegang teguh oleh pemilik PT Central Cipta Murdaya ini. Baginya, meskipun memiliki harta berlimpah, hidup haruslah tetap sederhana. Dengan kesederhanaan yang diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari, ia merasa kaya harta dan kaya hati karena tidak terbebani dengan kehidupan mewah.

9. Putera Sampoerna & family
Kiat Sukses Bisnis Properti : Putera Sampoerna
Putera Sampoerna (sumber : sampoernafoundation)
Meskipun dikenal sebagai pengusaha rokok, Putera Sampoerna dan keluarga juga mengembangkan bisnisnya ke sektor properti. Baginya, ada beberapa kiat khusus dalam berbisnis baik dalam produksi rokok maupun properti. Beberapa diantaranya adalah :
Market Driven Strategy. 
Pelanggan adalah raja. Untuk itu, Putera Sampoerna berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggannya. Menurutnya, dengan mengikuti keinginan dan harapan pasar, maka produk yang diciptakannya akan mudah untuk dijual dan lebih diminati oleh banyak orang. Hasilnya, project Properti yang dimilikinya seperti Taman Dayu berhasil laku keras di pasaran.  
Menciptakan Inovasi Yang Tak Terpikirkan Kompetitor.
Tak bebeda dengan Ciputra, bagi Putera Sampoerna Inovasi juga merupakan hal yang mutlak untuk merebut pasar. Dengan inovasi, setiap produk yang diciptakan, termasuk Properti akan memiliki nilai jual lebih yang menarik para calon pembeli. Hasilnya, Properti akan terjual dengan mudah dan memberikan keuntungan berlipat.
Memberi Customer Value Pada Produk.
Tak hanya menganggap pelanggan adalah raja, Putera Sampoerna dan keluarga melakukan hal yang lebih dari itu. Bagi mereka penting untuk memberikan customer value dari produk yang mereka ciptakan, salah satunya adalah properti yang mereka bangun. Dengan customer value yang disajikan, para pelanggan akan nyaman saat berbisnis dengan Anda sehingga properti yang Anda tawarkan akan lebih mudah untuk terjual.

10. James Riady & family
Kiat sukses bisnis properti : James Riady
James Riady (sumber : klikanggaran)
Fokus Pada Satu Bisnis Tertentu
Mengalami Keterpurukan dan bangkrut menjadi momok yang menghantui pebisnis. Penyebabnya pun beragam. Seorang James Riady, pemilik Grup Lippo juga pernah mengalami keterpurukan. Dari ceritanya, pada 1990 dia pernah mengalami sisi kelam dari perjalanan bisnisnya. Penyebabnya, dia terlalu sibuk. James sangat menyadari betul , kalau ia terlalu sibuk, punya banyak perusahaan, banyak ide serta gagasan tidak serta merta membuat seseorang sukses menjalankan roda bisnisnya. Karena itu dia memilih fokus pada satu perusahaan yang benar – benar ia kuasai dan ia miliki. Hasilnya, ia dengan Lippo Group yang dipimpinnya berhasil menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia saat ini.
Harus Bisa Membuat keseeimbangan kerja dan keluarga
James Riady mengaku pernah mengalami keterpurukan lantaran terlalu sibuk dan melupakan keseimbangan waktu untuk keluarga. Padahal, menurutnya keseimbangan antara pekerjaan dengan keluarga merupakan hal yang penting. Dengan keseimbangan maka hubungan kekerabatan akan tetap terjalin dan mampu menguatkan seorang pengusaha ketika mengalami keterpurukan sekalipun.
Jadilah Bertanggung Jawab
James Riady seorang Bos Grup Lippo mengingatkan, kemajuan bisnis tidak terjadi dalam waktu singkat dan tidak akan datang tanpa kerja keras. Untuk itu jika memang Anda ingin menjadi pebisnis properti sejati jangan pernah mengabaikan tanggung jawab anda dalam memajukan bisnis. Karena Andalah yang bertanggung jawab terhadap bisnis yang Anda jalankan sendiri
Jangan hanya sebatas ide, tapi aksi
James menilai, pebisnis di Indonesia harus lebih berani beraksi secara langsung. Jangan pernah takut mencoba dalam suatu bidang usaha. Bagi James, tidak ada bisnis yang lebih baik selain bisnis yang dijalankan. Banyak ide merupakan hal yang baik namun tanpa aksi maka ide tersebut tidak akan menjadi apa-apa

11. Chairul Tanjung
Kiat Sukses Bisnis Properti : Chairul Tanjung
Chairul Tanjung (sumber : finansialku)

Chairul Tanjung merupakan salah satu pebisnis ternama di Indonesia. Ia terkenal lewat banyak bisnisnya salah satunya adalah bisnis properti yang dijalankannya. Beberapa perusahaan properti yang dimilikinya antara lain Para Bali Propertindo, Para Bandung Propertindo, Batam Indah Investindo, Mega Indah Propertindo dan Trans Property. Untuk mencapai kesuksesannya seperti sekarang ini, ia memiliki beberapa tips diantaranya :
Sukses itu hak semua orang
Bagi Chairul Tanjung sukses merupakan hak setiap orang tidak peduli apapun latar belakang yang dimilikinya. Baginya, sukses bukan hanya untuk orang-orang yang kaya namun juga untuk orang dengan latar belakang tidak mampu sekalipun. Chairul Tanjung telah membuktikan hal tersebut dan bukan tidak mungkin, Anda juga bisa mengikuti langkahnya
Sukses itu komitmen
Tips lainnya adalah komitmen yang harus dijunjung tinggi untuk meraih kesuksesan. Bagi Chairul Tanjung, komitmen yang tinggi diperlukan untuk meraih kesuksesan. Komitmen tersebut terdiri dari beberapa sifat antara lain disiplin, belajar, dan menjalankan rencana yang telah dibuat. Dengan komitmen teguh, para pengusaha properti dapat mengikuti langkah Chairul Tanjung dalam mengembangkan bisnisnya.
Sukses adalah sebuah proses
Tidak ada kesuksesan yang instan dan hal tersebut terlihat betul dari bagaimana usaha Chairul Tanjung hingga meraih kesuksesannya saat ini. Kesukesan Chairul Tanjung dilalui dari proses panjang dimana berbagai kegagalan, keberhasilan hingga kondisi stagnan kerap kali terjadi. Oleh karena itu, nikmatilah proses Anda dalam berbisnis properti hingga berbuah kesuksesan nantinya.

12. Eka Tjipta Widjaja & family
Kiat Sukses Bisnis Properti : Eka Tjipta Widjaja
Eka Tjipta Widjaja (sumber : forbes)

Gigih
Meski tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, Eka Tjipta Wijaya dengan kegigihannya berhasil membuktikan dirinya. Eka yang hanya merupakan lulusan Sekolah Dasar mampu mengembangkan bisnisnya dari mulai berjualan biskuit dan kembang gula hingga memulai usahanya sebagai kontraktor kuburan dan kini menjadi pemilik Sinar Mas Group dengan Sinarmas Land sebagai salah satu lini bisnis andalannya di bidang properti. Berkat kegigihannya, ia membuktikan bahwa seorang lulusan SD sekalipun berhak untuk sukses asalkan gigih dalam berjuang.
Belajar mengendalikan uang
Salah satu kiat sukses berikutnya dari Eka Tjipta WIjaya adalah pengendalian uang. Seringkali banyak pengusaha properti yang tergiur dengan keuntungan tinggi yang dijanjikan sehingga lalai dalam mengendalikan uang yang berakibat pada terbengkalainya bisnis properti yang dijalaninya. Oleh karena itu, belajar mengendalikan uang penting menurut pebisnis dengan kekayaan mencapai 6 Milliar US Dollar ini.
Percaya kepada Tuhan
Dalam berusaha seringkali banyak pebisnis yang patah arang dan tidak percaya dengan keajaiban yang akan diberikan Tuhan. Bagi Eka, hal tersebut harus dihilangkan karena dengan percaya kepada Tuhan maka Anda akan semakin mudah dalam berbisnis. Selain itu dengan senantiasa percaya kepada Tuhan maka Anda akan merasa lebih bersyukur ketika bisnis properti Anda berjalan sesuai harapan.

13. Robert Budi dan Michael Hartono
Kiat Sukses Bisnis Properti : Robert Budi Hartono
Robert Budi Hartono (sumber : biografiku)
Meski lebih dikenal sebagai pemilik Djarum dan mayoritas saham Bank Central Asia, keluarga Hartono juga merupakan pemilik sejumlah properti prestisius. Di antaranya Menara BCA, Grand Indonesia Shopping Town, Hotel Indonesia Kempinski, dan Kempinski Residence. Sementara proyek lain berkelas menengah bawah adalah World Trade Center Mangga Dua, Karawang Resinda, dan Padma Hotel Karawang. Berikut ini beberapa tips berbisnis dari Keluarga Hartono
Lihatlah sekitar, temukan, manfaatkan dan jadikan itu sebagai modal awal Anda untuk memulai bisnis properti
Untuk memulai bisnis properti tidak harus dengan membeli tanah dan mencari modal hingga ratusan juta terlebih dahulu. Anda dapat memulainya dari hal kecil seperti membantu penjualan rumah dengan menjadi agen properti. Dari uang yang Anda dapatkan tersebut, Anda dapat memulai bisnis Anda secara perlahan-lahan
Masalah bukan untuk dihindari tapi dihadapi
Bagi keluarga Hartono, menghindari masalah bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Setiap bisnis yang dilakukan, terutama properti, tentu akan terdapat masalah dalam prosesnya. Hal tersebut sebaiknya dihadapi dengan bijak sehingga nantinya permasalahan tersebut dapat menjadi pelajaran dikemudian hari.
Ketika jatuh bangkitlah segera, karena gerbang kesuksesan berada didepan Anda
Seperti banyak orang bilang, untuk menjadi orang sukses Anda dilarang untuk mengenal kata menyerah. Hal tersebut juga dianjurkan oleh keluarga Hartono yang tidak pernah menyerah meski pasang surut bisnisnya kerap terjadi. Menurutnya, untuk menjadi pebisnis properti yang sukses, Anda harus segera bangkit ketika terjatuh karena gerbang kesuksesan telah menanti di depan Anda.

14. Peter Sondakh
Kiat Sukses Bisnis Properti : Peter Sondakh
Peter Sondakh (sumber : tempo)

Peter Sondakh mulai terjun ke bisnis properti dengan membangun hotel bintang lima sejak 1990. Pada tahun 2009, ia meluncurkan St Regis Hotel and Resort di Bali. Saat ini, Peter tengah membangun St Regis Hotel and Resort di Kuningan, menyusul beroperasinya Four Seasons Hotel dan Capital Place Jakarta. Selain itu, Peter juga dikenal sebagai pemilik St Regis Langkawi. Dengan kesuksesannya saat ini, Peter berbagi sedikit tips dari kesuksesannya diantaranya adalah :
Jangan ragu
Dalam suatu acara, Peter pernah berbagi sedikit kiat mengapa ia bisa sukses seperti sekarang ini. Merujuk pada alkitab, ia selalu berpesan untuk selalu maju dan jangan ragu. Selain itu, Peter juga menyampaikan bahwa sebagai seorang pengusaha properti, Anda dilarang untuk takut dan jika sudah maju namun tidak tahu, bertanyalah kalau perlu belilah jawaban yang bisa Anda dapatkan untuk menjalankan usaha properti Anda.
Pandai membaca peluang
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Peter Sondakh dan dapat dijadikan teladan adalah kepandaiannya dalam membaca peluang bisnis. Seperti yang kita ketahui bersama, Peter Sondakh tidak hanya menjalankan bisnis properti melainkan berbagai lini bisnis seperti finance, telekomunikasi hingga perkebunan. Kepandaiannya dalam membaca peluang bisnis membuatnya kerap dijuluki sebagai pebisnis bertangan dingin karena mampu mengelola bisnisnya hingga menjadi besar.
Rendah hati
Meskipun tergolong sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, Peter Sondakh merupakan sosok yang rendah hati. Ia jarang menampakkan wajahnya di media dan cenderung menutup diri dari hingar bingar ketenaran. Baginya, dengan menjadi rendah hati, maka Anda akan merasa lebih tenang dalam menjalani hidup karena sukses tidak hanya dihitung dari materi melainkan juga ketenangan dalam menjalani hidup.

15. Bong Chandra
Kiat Sukses Bisnis Properti : Bong Chandra
Bong Chandra (sumber : Kisahsukses)

Waktu
Tips sukses dari Bong Chandra yang pertama adalah waktu. Bagi Bong, dalam berbisnis properti, Anda harus melihat apakah waktunya sudah tepat untuk berbisnis properti di area tersebut. Sebagai contoh, di kota kecil apakah kehadiran apartemen sudah diperlukan?
Kepercayaan
Kepercayaan merupakan modal penting selain modal usaha dalam bentuk materi. Dengan adanya kepercayaan antara pembeli, pengembang, supplier, dan perbankan maka bisnis properti yang Anda rintis akan mudah terlaksana. Selain itu, poin ini sangat penting untuk senantiasa terjaga karena kepercayaan dapat memudahkan langkah Anda dalam berekspansi di bidang properti.
Konsep
Bagi Bong Chandra, dalam berbisnis properti Anda harus memikirkan konsep lebih dulu hingga matang dan benar-benar siap. Tanpa konsep yang matang, Anda akan sulit untuk merebut kepercayaan dari tiap stakeholder. Selain itu, pastikan konsep properti yang Anda miliki unik agar mampu menarik perhatian banyak orang.
Strategi Harga

Dalam strategi harga, bukan berarti Anda dituntut untuk banting harga demi mengalahkan pesaing Anda. Maksud dari tips ini adalah psikologis harga dari properti yang akan dibeli oleh para calon konsumen. Misal, Anda menawarkan properti yang Anda bangun saat kondisinya belum selesai, ketika pembangunan selesai Anda menjamin harga properti tersebut akan naik hingga 10-15% sehingga para calon pembeli akan mempercepat proses pembelian mengingat harganya yang akan semakin melambung nantinya.

Comments

  1. Seorang pengusaha memang perlu memiiki sifat2 seperti pengusaha senior tadi. Dan tetap membangung sebuah jaringan dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Yup, relasi sangat penting untuk memajukan sebuah usaha.

      Maaf sebelumnya bukan maksud sara.
      Banyak pula sahabat nabi muhammad SAW, yang terjun dalam bisnis dan investasi pada properti, Seperti umar bin Khatab R.A, Abdurrahman bin Auf Ra.

      Dari bisnis dan investasi properti di bandung yang para sahabat miliki inilah mereka membangun kejayaan islam.

      Kalau menilik dari sejarah juga nabi muhammad SAW juga menjadi contoh figure pedagang yang patut di tiru bagi pengusaha muda saat ini.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mau Cari Kredit Rumah Murah, Baca ini Bro!

Mendapatkan kredit rumah murah merupakan suatu impian semua orang. Jika anda baru menikah tentu saja akan membutuhkan hunian atau rumah baru, tentu saja anda juga membutuhkan tawaran kredit rumah murah. Hal itu dikarenakan anda belum memiliki modal yang besar untuk mendapatkan rumah sehingga tawaran untuk mendapatkan kredit rumah dengan harga terjangkau tentu akan membantu anda. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kredit rumah murah. Akan tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari rumah dengan angsuran terjangkau, anda akan sangat terbantu dengan berbagai trik untuk mendapatkannya. Trik ini sangat membantu anda khususnya yang belum berpengalaman mencari rumah murah yang dikreditkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang tawaran kredit rumah harga murah. Artinya, anda harus melakukan persiapan mengenai beberapa hal mengenai kredit rumah ini. Persiapan matang akan membuat anda mendapatkan kredit rumah dengan harga mura…

ini Rahasia, Cara Jual Rumah Dengan Cepat dengan harga tinggi

Bisnis jual beli rumah saat ini mulai semarak ditekuni oleh banyak kalangan . Setiap hari bahkan setiap tahunnya harga rumah terus melambung tinggi. 

Bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari harga tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak faktor seseorang mau menjual  rumahnya dengan harga tinggi diantaranya karena memang  menurut mereka rumah adalah merupakan kebutuhan utama setiap orang sebagai tempat hunian yang aman baik bersama keluarga atau yang lainnya. 

Terlepas dari semua itu, jika anda merupakan orang yang menekuni bisnis di atas, tentunya anda akan berharap rumah yang akan  anda jual cepat laku dengan  harga maksimal. Berikut ini 8 cara cepat jual rumah agar cepat  laku dengan harga tinggi.



Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Maksimal1. Kosongkan Rumah Terlebih DahuluSemakin sedikit isi rumah akan membuat rumah tampak semakin luas. Oleh karena itu, keluarkan barang-barang yang dirasa tidak perlu  Seperti halnya perlengkapan perabotan dan  hal hal yang bersifat personal seperti foto, gam…