Skip to main content

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Rumah (Panduan Teknis)

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Rumah (Panduan Teknis)


cara membuat surat perjanjian jual beli rumah

Rumah adalah kebutuhan pokok setiap manusia. Untuk mewujudkan kebutuhan tersebut terkadang seseorang memilih untuk membeli rumah siap huni. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Jika sudah pasti membeli, maka anda perlu membuat surat perjanjian jual beli. Masih bingung untuk membuatnya?

Jangan khawatir, artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara membuat surat perjanjian jual beli rumah sehingga anda dapat membuatnya surat perjanjian tersebut.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, anda harus benar-benar memastikan kepemilikan rumah tersebut. Jangan sampai anda melakukan transaksi dengan orang yang tidak mempunyai hak atas rumah tersebut. 

Selain itu, anda juga perlu menanyakan asal usul rumah (warisan, hasil pembelian, atau membuat sendiri), dalam sengketa atau tidak, dan lain sebagainya. 

Cari informasi sebanyak-banyaknya untuk meminimalisir permasalahan yang bisa saja terjadi suatu saat nanti. 

Dengan demikian, anda akan aman dan juga nyaman membeli rumah tersebut. Selain itu anda perlu untuk membuat surat perjanjian jual beli sebagai antisipasi bila salah satu pihak melakukan ingkar janji atau wanprestasi.

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Rumah (Panduan Teknis)

Ketika anda hendak membuat surat perjanjian jual beli rumah, maka ada beberapa hal yang tidak boleh dilupkan dan harus ada. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut.


1.    Identitas Pembeli dan Penjual Harus Lengkap


Identitas yang ada dalam surat perjanjian jual beli rumah harus lengkap baik itu penjual ataupun pembeli. 

Selain itu, kedudukan dalam transaksi tersebut juga harus jelas, siapa pembeli dan penjualnya. Jika salah maka surat perjanjian tersebut tidak berlaku dan harus dibuat surat baru yang benar.

Baca Juga : ini biaya jual beli rumah

2.    Deskripsi atau gambaran tanah yang jelas

Surat perjanjian jual beli rumah harus memiliki deskripsi atau gambaran tanah yang jelas dan juga lengkap sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi kedua belah pihak di masa sekarang ataupun masa mendatang. Deskripsi atau gambaran tanah meliputi hal-hal berikut :

§  Letak rumah dalam bentuk alamat yang jelas dan lengkap

§  Luas meter dalam ukuran meter persegi

§  Batas tanah yang meliputi empat arah penjuru angin (barat, utara, timur, dan selatan)

§  Status kepemilikan rumah

§  Nomor surat rumah

§  Harga rumah yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (penjual dan pembeli)


3.    Pencantuman jaminan dan identitas saksi

Ketika membuat surat jual beli rumah harus dicantumkan jaminan yang digunakan dan jangan lupa untuk menuliskan identitas saksi dengan benar. Anda perlu menulisnya dengan berhati-hati sehingga tidak terjadi kesalahan.

4.    Cara dan batas waktu pembayaran

Surat perjanjian jual beli rumah juga harus mencantumkan bagaimana cara pembeli membayar rumah tersebut (cash atau kredit) kemudian jangan lupa untuk menuliskan batas waktu pembayaran sesuai waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (penjual dan pembeli).

5.    Kesepakatan penyelesaian masalah jika terjadi perselisihan

Baik penjual ataupun pembeli tentu tidak menginginkan adanya perselisihan suatu hari nanti akibat transaksi jual beli tersebut.

 Namun bukan tidak mungkin hal tersebut bisa saja terjadi. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu dituliskan bagaimana penyelesaian yang akan digunakan jika suatu saat terjadi perselisihan.

Jika diperlukan anda bisa menambahkan pasal-pasal yang lain sesuai kesepakatan kedua belah pihak (penjual dan pembeli). Pasal-pasal tersebut seperti halnya biaya balik nama, dan segala hal yang terkait dengan transaksi jual beli rumah tersebut.

Hal lain yang perlu anda perhatikan ketika surat perjanjian jual beli selesai dibuat, anda perlu mencermati kembali isi dari surat tersebut. 

Jika ada keselahan atau ada hal yang belum tertulis lengkap, anda dapat segera memperbaikinya sehingga tidak menimbulkan permasalahan di masa mendatang.

Comments

Popular posts from this blog

Kiat Sukses Bisnis Properti dari 15 Pengusaha Properti Tersukses di Indonesia

Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran banyak orang berusaha untuk terjun ke dalam bisnis ini demi meraup keuntungan besar. Mulai dari pengusaha yang baru merintis hingga pengusaha besar tentu sepakat bahwa properti merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi di setiap projectnya. Namun, untuk Anda yang baru mulai atau ingin berbinis properti, sudahkah Anda memiliki kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis properti ini? Artikel berikut akan mengulas seputar kiat-kiat sukses bisnis properti dari 35 pengusaha properti tersukses di Indonesia
Baca juga : 11 cara mudah beli rumah yang bisa kamu coba! dari yang mainstream sampai anti mainstream!
1. Sutjipto Nagaria Sutjipto Nagaria merupakan seorang pebisnis yang memiliki Summarecon Group. Seperti yang kita ketahui bersama, Summarecon Group berhasil menjadi salah satu perusahaan properti yang menawarkan kualitas dan kenyamanan dari real estate yang dibangunnya. Beberapa pro…

Mau Cari Kredit Rumah Murah, Baca ini Bro!

Mendapatkan kredit rumah murah merupakan suatu impian semua orang. Jika anda baru menikah tentu saja akan membutuhkan hunian atau rumah baru, tentu saja anda juga membutuhkan tawaran kredit rumah murah. Hal itu dikarenakan anda belum memiliki modal yang besar untuk mendapatkan rumah sehingga tawaran untuk mendapatkan kredit rumah dengan harga terjangkau tentu akan membantu anda. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kredit rumah murah. Akan tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari rumah dengan angsuran terjangkau, anda akan sangat terbantu dengan berbagai trik untuk mendapatkannya. Trik ini sangat membantu anda khususnya yang belum berpengalaman mencari rumah murah yang dikreditkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang tawaran kredit rumah harga murah. Artinya, anda harus melakukan persiapan mengenai beberapa hal mengenai kredit rumah ini. Persiapan matang akan membuat anda mendapatkan kredit rumah dengan harga mura…

ini Rahasia, Cara Jual Rumah Dengan Cepat dengan harga tinggi

Bisnis jual beli rumah saat ini mulai semarak ditekuni oleh banyak kalangan . Setiap hari bahkan setiap tahunnya harga rumah terus melambung tinggi. 

Bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari harga tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak faktor seseorang mau menjual  rumahnya dengan harga tinggi diantaranya karena memang  menurut mereka rumah adalah merupakan kebutuhan utama setiap orang sebagai tempat hunian yang aman baik bersama keluarga atau yang lainnya. 

Terlepas dari semua itu, jika anda merupakan orang yang menekuni bisnis di atas, tentunya anda akan berharap rumah yang akan  anda jual cepat laku dengan  harga maksimal. Berikut ini 8 cara cepat jual rumah agar cepat  laku dengan harga tinggi.



Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Maksimal1. Kosongkan Rumah Terlebih DahuluSemakin sedikit isi rumah akan membuat rumah tampak semakin luas. Oleh karena itu, keluarkan barang-barang yang dirasa tidak perlu  Seperti halnya perlengkapan perabotan dan  hal hal yang bersifat personal seperti foto, gam…