Skip to main content

Mau Beli Rumah Subsidi? baca dulu cara beli rumah subsidi ini!

Di Indonesia banyak sekali masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal baik yang di desa atau di kota. Hal ini sering dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dimana mereka tidak memiliki modal untuk memiliki rumah. 

Selain itu harga sewa serta naiknya biaya material menjadi alasan lain banyak orang yang belum mampu membangun rumah. Faktor Urbanisasi juga menjadi hal lain yang mempengaruhi fenomena ini. Padahal pemerintah sudah menyediakan rumah subsidi yang bisa ditinggali dengan harga yang lebih murah. 

Namun kecenderungan masyarakat yang tidak yakin bisa mencicil rumah tersebut menjadikan banyak rumah yang tidak terjual. Namun tidak semua rumah subsidi gagal dijual ada yang justru laku dibeli banyak orang. Untuk yang berminat, berikut akan dijelaskan cara beli rumah subsidi untuk anda


cara beli rumah subsidi

Cara Beli Rumah Subsidi

Terdapat beberapa cara dalam membeli rumah subsidi, berikut diantaranya:

1. Datang Ke Kantor Pemasaran

Cara beli rumah subsidi yang pertama adalah dengan mendatangi kantor pemasaran terkait. Untuk alamatnya bisa anda dapatkan di brosur yang biasanya disebar oleh beberapa sales. 

Bila anda sudah datang kesana, maka bagian marketing akan menjelaskan tipe rumah harga, DP, serta cicilan yang harus anda bayar. Jika sudah setuju dengan penawaran yang dijelaskan, segera booking rumah yang anda inginkan agar tidak diambil pembeli lain. 

Ketika booking anda akan ditarik uang yang sudah disepakati. Jika anda membatalkan pembelian rumah tersebut, uang anda tidak akan kembali. Maka dari itu anda harus spesifik dalam memilih rumah yang akan dibeli. Selain itu setelah anda melakukan pembayaran booking, usahakan anda juga harus menerima kwitansi resmi dari developernya.

2. Mengisi Form Bank Yang Memberikan Kredit

Cara beli rumah subsidi yang kedua adalah mengisi form dari Bank yang memberikan kredit. Hal ini dilakukan setelah anda melakukan proses booking.  Setelah itu form yang sudah diisi harus anda kembalikan maksimal 2 minggu setelah menerimanya. Selain itu lampirkan pula form FLPP dan persyaratan lain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Mengisi Form FLPP

Seperti sudah dijelaskan di nomor dua cara beli rumah subsidi yang selanjutnya adalah mengisi form FLPP. Form FLPP wajib diberikan dalam proses pembelian rumah bersubsidi dan harus dikembalikan oleh pembeli maksimal 2 minggu setelah diambil.

4. Menyerahkan Berkas Persyaratan

Setelah semua berkas lengkap anda harus segera menyerahkannya ke tempat dimana anda mengambil form tersebut. Namun sebelum itu anda harus mengecek semuanya terlebih dahulu agar tidak ada persyaratan yang terlewat. Caranya adalah dengan membuat list persyaratan apa saja yang harus ada.

5. Wawancara


Setelah menyerahkan berkas ke pihak yang bersangkutan, langkah selanjutnya adalah wawancara. Wawancara akan dilakukan oleh pihak Bank ke calon debitur melalui telepon atau diundang langsung ke kantor pemasaran. Saat wawancara sebisa mungkin berpakaian yang rapi karena biasanya pihak pewancara akan menilai keseriusan anda dari penampilan.

6. Menunggu SP3K

Setelah melakukan wawancara, anda tinggal menunggu SP3K sebagai bukti bahwa permohonan kredit terhadap rumah anda di ACC. Dalam surat ini berisi tentang biaya proses, nilai plafon, tenor kredit, serta jumlah cicilan bulanan yang harus anda bayar.

7. Akad Kredit

Cara beli rumah subsidi yang terakhir adalah menerima akad kredit. Ini merupakan proses terakhir yang harus anda lakukan sebelum sah memiliki rumah yang diinginkan. 

Akad kredit biasanya diberikan oleh pihak Bank ketika proses pembangunan rumah anda sudah mencapai 90%. Tempat pelaksanaannya biasanya di lokasi Bank yang bersangkutan, namun ada pula beberapa developer yang berkenan menyediakan gedung untuk hal tersebut.

Materai dengan nominal tertentu juga diperlukan saat proses akad kredit. Setelah itu anda akan diminta menandatangani lampiran serta berkas penting lainnya. Setelah semuanya beres, anda bisa memulai membayar angsuran 1 bulan setelah akad kredit tersebut.


Comments

Popular posts from this blog

Kiat Sukses Bisnis Properti dari 15 Pengusaha Properti Tersukses di Indonesia

Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran banyak orang berusaha untuk terjun ke dalam bisnis ini demi meraup keuntungan besar. Mulai dari pengusaha yang baru merintis hingga pengusaha besar tentu sepakat bahwa properti merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi di setiap projectnya. Namun, untuk Anda yang baru mulai atau ingin berbinis properti, sudahkah Anda memiliki kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis properti ini? Artikel berikut akan mengulas seputar kiat-kiat sukses bisnis properti dari 35 pengusaha properti tersukses di Indonesia
Baca juga : 11 cara mudah beli rumah yang bisa kamu coba! dari yang mainstream sampai anti mainstream!
1. Sutjipto Nagaria Sutjipto Nagaria merupakan seorang pebisnis yang memiliki Summarecon Group. Seperti yang kita ketahui bersama, Summarecon Group berhasil menjadi salah satu perusahaan properti yang menawarkan kualitas dan kenyamanan dari real estate yang dibangunnya. Beberapa pro…

Mau Cari Kredit Rumah Murah, Baca ini Bro!

Mendapatkan kredit rumah murah merupakan suatu impian semua orang. Jika anda baru menikah tentu saja akan membutuhkan hunian atau rumah baru, tentu saja anda juga membutuhkan tawaran kredit rumah murah. Hal itu dikarenakan anda belum memiliki modal yang besar untuk mendapatkan rumah sehingga tawaran untuk mendapatkan kredit rumah dengan harga terjangkau tentu akan membantu anda. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kredit rumah murah. Akan tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari rumah dengan angsuran terjangkau, anda akan sangat terbantu dengan berbagai trik untuk mendapatkannya. Trik ini sangat membantu anda khususnya yang belum berpengalaman mencari rumah murah yang dikreditkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang tawaran kredit rumah harga murah. Artinya, anda harus melakukan persiapan mengenai beberapa hal mengenai kredit rumah ini. Persiapan matang akan membuat anda mendapatkan kredit rumah dengan harga mura…

ini Rahasia, Cara Jual Rumah Dengan Cepat dengan harga tinggi

Bisnis jual beli rumah saat ini mulai semarak ditekuni oleh banyak kalangan . Setiap hari bahkan setiap tahunnya harga rumah terus melambung tinggi. 

Bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari harga tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak faktor seseorang mau menjual  rumahnya dengan harga tinggi diantaranya karena memang  menurut mereka rumah adalah merupakan kebutuhan utama setiap orang sebagai tempat hunian yang aman baik bersama keluarga atau yang lainnya. 

Terlepas dari semua itu, jika anda merupakan orang yang menekuni bisnis di atas, tentunya anda akan berharap rumah yang akan  anda jual cepat laku dengan  harga maksimal. Berikut ini 8 cara cepat jual rumah agar cepat  laku dengan harga tinggi.



Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Maksimal1. Kosongkan Rumah Terlebih DahuluSemakin sedikit isi rumah akan membuat rumah tampak semakin luas. Oleh karena itu, keluarkan barang-barang yang dirasa tidak perlu  Seperti halnya perlengkapan perabotan dan  hal hal yang bersifat personal seperti foto, gam…