Skip to main content

Mau Beli rumah? Cari tau dulu biaya jual beli rumah

Ada baiknya anda mempelajari mengenai biaya jual beli rumah dan pajak penjualannya jika memiliki sebuah rumah.

Apalagi jika anda hendak menjual rumah lama dan membeli rumah baru yang anda dambakan. Setelah anda menjual atau membeli rumah maka anda harus menanggung biaya jual beli dan juga pajaknya.

Hal ini memungkinkan uang yang akan anda terima berbeda dengan uang yang telah disepakati saat transaksi. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak mempelajari hal tersebut.

biaya dan pajak jual beli rumah


Biaya Jual Beli Rumah

Ketika melakukan proses transaksi jual beli rumah maka anda (penjual atau pembeli) tidak akan terhindar dari biaya lebih. Kebanyakan orang tidak mengerti akan hal ini. Berikut biaya yang akan anda (penjual atau pembeli) keluarkan ketika melakukan transaksi tersebut.

1. Biaya Pemeriksaan Sertifikat

Pemeriksaan sertifikat dilakukan sebelum transaksi jual beli di kantor pertahanan setempat. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa rumah yang akan dijual tidak memiliki catatan seperti sita, blokir, dan permasalahan lainnya.

Biaya pengecekan sertifikat berbeda-beda tiap wilayah, biaya tersebut berkisar antara Rp 50.000,- sampai Rp 300.000,-.

2. Biaya Akta Jual Beli (AJB)

Biaya ini adalah biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar jasa pembuatan akta jual beli oleh seorang Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).

Besarnya biaya AJB bergantung dari PPAT tersebut. Biasanya PPAT meminta 1 % dari nilai transaksi jual beli rumah.

Tetapi, harga tersebut tidaklah kaku, anda bisa menawar sepanjang harga yang anda tawarkan tersebut disetujui oleh pihak PPAT.

Sebelum anda mengurus AJB anda harus melewati prosedur pengecekan sertifikat, membayar PBB, BPHTB, dan syarat yang lain.

Biasanya biaya untuk pengurusan AJB ini akan ditanggung oleh pembeli. Namun, bisa saja ditanggung oleh kedua belah pihak (penjual dan pembeli) jika hal tersebut merupakan suatu kesepakatan.

3. Biaya Akta Kuasa Untuk Menjual

Kuasa untuk menjual diperlukan jika pemilik sertifikat rumah menguasakan penjualan rumahnya kepada pihak lain.

Besarnya biaya akta kuasa bergantung pada notaris. Biasanya notaris akan meminta 1 % dari total biaya penjualan. Namun, biaya tersebut masih bisa dinegosiasi.


4. Biaya Balik Nama

Balik nama dilakukan di kantor pertahanan setempat.

Proses ini diajukan oleh PPAT dengan membayar biaya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan ditanggung oleh pembeli.


5. Biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)

Biaya PNBP sekaligus anda bayarkan saat proses balik nama. Besaran Biaya yang harus dikeluarkan adalah  1‰ dari nilai jual objek pajak (NJOP) rumah.

biaya pajak jual beli rumah


Pajak Penjualan Rumah

Berikut pajak yang anda harus bayarkan ketika melakukan proses jual beli rumah.

1. Nilai Jual Objek Pajak (NJOP)

NJOP merupakan nilai yang ditetapkan oleh negara sebagai dasar pengenaan pajak bagi PBB. Besaran biaya NJOB berbeda-beda tiap wilayah.

2. Pajak Penghasilan (PPh)

Besarnya PPh adalah 2,5% dari total biaya transaksi. PPh dibayarkan sebelum akta jual beli ditandatangani. PPh dibayarkan di bank dan divalidasi di kantor pajak.


3. Bea Perolehan Hak Atas Tanah Dan Bangunan (BPHTB)

BPHTB anda bayarkan sebelum akta jual beli ditandatangani. Besaran biaya tiap wilayah berbeda. BPHTB dibebankan kepada pihak pembeli rumah sebagai tanda terima rumah yang telah dibeli.

4. Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NPOPTKP)

NPOPTKP adalah nilai untuk pengurang perhitungan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) atas perolehan hak atas tanah dan bangunan tersebut. Besaran biaya NPOPTKP berbeda tiap wilayahnya.

5. Nilai Perolehan Objek Pajak Kena Pajak (NPOPKP)

NPOPKP adalah dasar untuk penggunaan pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB)

Demikian bahasan mengenai biaya jual beli rumah dan pajak penjualannya. Semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda.



Comments

Popular posts from this blog

Kiat Sukses Bisnis Properti dari 15 Pengusaha Properti Tersukses di Indonesia

Bisnis properti merupakan salah satu lini bisnis yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Tak heran banyak orang berusaha untuk terjun ke dalam bisnis ini demi meraup keuntungan besar. Mulai dari pengusaha yang baru merintis hingga pengusaha besar tentu sepakat bahwa properti merupakan bisnis yang menjanjikan keuntungan tinggi di setiap projectnya. Namun, untuk Anda yang baru mulai atau ingin berbinis properti, sudahkah Anda memiliki kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis properti ini? Artikel berikut akan mengulas seputar kiat-kiat sukses bisnis properti dari 35 pengusaha properti tersukses di Indonesia
Baca juga : 11 cara mudah beli rumah yang bisa kamu coba! dari yang mainstream sampai anti mainstream!
1. Sutjipto Nagaria Sutjipto Nagaria merupakan seorang pebisnis yang memiliki Summarecon Group. Seperti yang kita ketahui bersama, Summarecon Group berhasil menjadi salah satu perusahaan properti yang menawarkan kualitas dan kenyamanan dari real estate yang dibangunnya. Beberapa pro…

Mau Cari Kredit Rumah Murah, Baca ini Bro!

Mendapatkan kredit rumah murah merupakan suatu impian semua orang. Jika anda baru menikah tentu saja akan membutuhkan hunian atau rumah baru, tentu saja anda juga membutuhkan tawaran kredit rumah murah. Hal itu dikarenakan anda belum memiliki modal yang besar untuk mendapatkan rumah sehingga tawaran untuk mendapatkan kredit rumah dengan harga terjangkau tentu akan membantu anda. Memang tidak mudah untuk mendapatkan kredit rumah murah. Akan tetapi, hal itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karenanya, bagi anda yang sedang mencari rumah dengan angsuran terjangkau, anda akan sangat terbantu dengan berbagai trik untuk mendapatkannya. Trik ini sangat membantu anda khususnya yang belum berpengalaman mencari rumah murah yang dikreditkan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tentang tawaran kredit rumah harga murah. Artinya, anda harus melakukan persiapan mengenai beberapa hal mengenai kredit rumah ini. Persiapan matang akan membuat anda mendapatkan kredit rumah dengan harga mura…

ini Rahasia, Cara Jual Rumah Dengan Cepat dengan harga tinggi

Bisnis jual beli rumah saat ini mulai semarak ditekuni oleh banyak kalangan . Setiap hari bahkan setiap tahunnya harga rumah terus melambung tinggi. 

Bahkan bisa mencapai 5 kali lipat dari harga tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak faktor seseorang mau menjual  rumahnya dengan harga tinggi diantaranya karena memang  menurut mereka rumah adalah merupakan kebutuhan utama setiap orang sebagai tempat hunian yang aman baik bersama keluarga atau yang lainnya. 

Terlepas dari semua itu, jika anda merupakan orang yang menekuni bisnis di atas, tentunya anda akan berharap rumah yang akan  anda jual cepat laku dengan  harga maksimal. Berikut ini 8 cara cepat jual rumah agar cepat  laku dengan harga tinggi.



Cara Cepat Jual Rumah Dengan Harga Maksimal1. Kosongkan Rumah Terlebih DahuluSemakin sedikit isi rumah akan membuat rumah tampak semakin luas. Oleh karena itu, keluarkan barang-barang yang dirasa tidak perlu  Seperti halnya perlengkapan perabotan dan  hal hal yang bersifat personal seperti foto, gam…